Diguncang Gempa dan Tsunami, Masjid Terapung di Palu Tetap Kokoh

0
59

KOREKSI.id – Musibah gempa yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 telah memorakporandakan hampir seluruh bagian kedua wilayah tersebut. Gempa berkekuatan 7,4 SR yang kemudian disusul tsunami ini telah memakan lebih dari 800 korban jiwa dan meruntuhkan banyak rumah juga bangunan.

Gempa berkekuatan dahsyat ini bahkan telah menghancurkan beberapa bangunan ikonik kota Palu. Mulai dari jembatan Ponulele yang khas dengan warna kuningnya, hingga hotel Roa-Roa serta Pelabuhan Pantoloan Palu.

Akan tetapi,pemandangan tak biasa terlihat di salah satu bangunan ikonik kota Palu, yaitu Masjid Terapung Arqam “Bab Al Rahman.” Bangunan masjid yang terletak di pinggir pantai Talise ini tetap terlihat utuh meski sebagian bangunannya sedikit tenggelam dan posisinya sudah bergeser.

Tidak hanya posisinya saja yang sudah bergeser, jembatan yang menghubungkan masjid dengan daratan juga hancur. Selain itu, kaki-kaki penyangga yang membuat bangunan ini dapat terapung di atas pantai pun hancur diterjang gempa dan tsunami.

Namun bangunan utama masjid, tetap berdiri kokoh dan tidak hancur sama sekali. Kondisi terkini masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Terapung Palu ini sudah banyak beredar luas, salah satunya seperti yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @moh_rifky_ beberapa waktu lalu.

“Dan ALLAH menunjukan KUASA nya.. mesjid mengapung di PALU tepat di pantai talise tidak hancur sedikitpun.. ALLAHUAKBAR.
.
#sulawesitengah #donggala #gempadonggala #gempapalu #tanahkaili #palu #mesjidapungpalu #mesjidapung,” tulis Rifky pada caption, Senin (1/10).

Unggahan Rifky tersebut, rupanya mengundang beragam reaksi warganet. Banyak yang ikut merasa kagum akan kejadian luar biasa tersebut.

“Kuasa tuhan..masya Allah..,” komentar akun @damayantiwulandari79gamail.

“subbna allah.allah maha besar,” pungkas akun @arie.7148.#K1/Jay.

“Subhanallah:’, alhamdulillah keluargaku daerah pantoloan selamat:’),” ujar akun @fikrial2nd.

“Kyk mesjid aceh jg wkt itu alluhuakbar,” tambah akun @afika_gemes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here