Cerita Akbar Selamatkan Diri dari Gempa Palu untuk Temui Ayahnya

0
486

KOREKSI.id, MAMUJU — Raut mukanya lusuh dan sering termenung menatap hampa dan tertunduk. Akbar (14) salah satu ribuan warga pengungsi dari Palu selamat bersama keluarganya saat istirahat di Mamuju posko rumah jabatan wakil bupati Mamuju di Jalan Akhmad Kirang, Kamis 4 Oktober 2018.

Dia menceritakan kepada Koreksi.id saat gempa dan tsunami melanda Kota Palu. Sembari mengusap bekas luka dilututnya, ia mengatakan bahwa saat kejadian gempa, mereka tidak bersama ayahnya.

“Waktu kejadian saya tidak sama Puangku (panggilan ayah-red) rumah keluarga saya tempati. Kejadian jelang maghrib getarannya besar betul, kami terperangkap hampir 5 jam lebih. Setelah itu keluar lari lewat atap rumah yang roboh,” ungkap Akbar di Mamuju,

Menurutnya, 2 hari sejak kejadian gempa dan tsunami, Akbar baru ketemu orang tuanya.

“Dua hari baru saya dapat ketemu Puangku, di daerah pasar Inpres Palu,” ucapnya.

Ditempat sama ayah Akbar, Baso Sudarmin bersama ke 7 sanak saudaranya yang selamat dari musibah bencana gempa dan tsunami.

“Saya bersama anak-anak 2, termasuk Akbar. Adik dan suaminya beserta anaknya 2, dan mertua saya yang selamat dari musibah gempa daerah pasar Inpres Palu,” cerita Baso Sudarmin.

Baso Sudarmin, sambil terharu dan matanya berkaca-kaca menceritakan kronologis perjuangannya bersama anaknya untuk selamat dari musibah gempa dan tsunami Palu.

“Kalau pasar Inpres Palu Barat hanya gempa yang dahsyat berguncang, dan tanah longsor. Saat gempa dan tsunami anak saya Akbar di rumah keluarga dan kakaknya ke 2 perempuan bersama tantenya adik saya. Alhamdulillah selamat, hanya mertua adik saya dan ipar dan ponakannya meninggal terimpa runtuhan rumahnya yang terbakar,” ungkapnya.

“Dua hari saya baru ketemu Akbar, kalau istriku sebelumnya sudah ke Siwa sebelum musibah gempa dan tsunami menimpa Palu bersama saudara kakak Akbar,” ucapnya ayah memiliki anak 7 hanya Akbar anak-anak lelaki dari ke 7 bersaudara.#Red/Jay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here