Edmond Leonardo Siahaan: Masyarakat Sulbar Hebat!

0
254

KOREKSI.idKawan-kawan, sepanjang perjalanan dari Kabupaten Pasangkayu sampai Kabupaten Polman di Sulawesi Barat (Sulbar), berdiri posko-posko makan untuk para pengungsi dari Palu, Sigi, Donggala dan para relawan yang melewati daerah tersebut.

Posko- posko ini adalah inisiatif masyarakat di Sulbar, mereka menyediakan minuman teh dan kopi, kue-kue, hingga makanan berat. Bahkan ada Pos Medis. Hampir ditiap desa ada 2 atau 3 posko.

Makanan yang disajikan pun kelas restoran seafood: cumi saus pedas, udang goreng tepung, hingga ikan batu. Padahal rumah yang dijadikan posko adalah rumah nelayan atau petani yang jauh dari kesan rumah mewah.

Mereka akan berdiri di depan posko memanggil para pengungsi untuk singgah makan pada jam-jam makan: pagi, siang, malam. “Mari Pak, Bu, mari singgah makan dulu”, teriak mereka.

Saya terharu dengan gerakan spontan masyarakat Sulbar ini, mereka begitu tulus dan ikhlas membantu para pengungsi sepanjang hari, begitu kuat rasa kemanusiaan mereka.

Saya tidak bisa membayangkan seandainya sepanjang jalan di Sulbar tidak ada posko-posko makan ini, pasti terjadi kemacetan luar biasa karena pengungsi akan menumpuk di rumah makan yang hanya ada beberapa itu.

Dari hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih yang tak terkira kepada masyarakat Sulbar, semoga kebaikan kalian akan dibalas Tuhan Yang Maha Kuasa. Terima kasih…terima kasih.(**)

Makassar, 6 Oktober 2018

Sumber Facebook: EDMOND LEONARDO SIAHAAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here