Kunjungan Bupati Mamuju, Disambut Hangat Masyarakat Bonehau

0
177

KOREKSI.ID, MAMUJU – Kunjungan Kerja  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju ke Kecamatan yang disebut dengan Sahabat Rakyat (Safari Sehari Berbakti Kepada Rakyat) ,disambut hangat  oleh masyarakat Kecamatan Bonehau. Hal terbukti dengan antusias masyarakat yang ikut hadir meramaikan beberapa agenda kunjungan kerja Bupati Mamuju H.Habsi Wahid bersama dengan rombongan jajaran para Pimpinan Organisasi Daerah (OPD)  Mamuju. 

Salahsatunya yang sangat diapresiasi oleh masyarakat Bonehau, karena bupati Mamuju sekaligus meresmikan Puskesmas Satelit  di salah satu Desa yang ada Kecamatan Bonehau,  Sabtu, 27 Oktober 2018.

Sebelumnya telah diresmikan dibeberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Mamuju. Dengan adanya Puskesmas Satelit, sesuai yang dikatakan oleh bupati Mamuju bahwa  puskesmas tersebut adalah sebagai rumah sakit mini.

“Dimana Puskesmas ini akan menjadi puskesmas rujukan dari semua Pustu yang terdekat di Kecamatan Bonehau. kepada masyarakat kiranya  bisa dijadikan  menjadi puskesmas rujukan dari semua pustu atau puskesmas yang terdekat dari puskesmas satelit tersebut. Guna untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, terutama di pelayanan kesehatan, yang setiap saat harus cepat ditangani oleh petugas kesehatan, tanpa harus merujuk  pasien jauh ke kota,”  ungkap Habsi Wahid.

Tidak hanya itu  terkait adanya puskesmas tersebut,  menurut bupati, bisa membantu perekonomian masyarakat, tadinya harus mengeluarkan biaya banyak untuk  merujuk pasien dari pustu langsung ke rumah sakit.

“Sekarang sudah bisa kurang pengeluarannya. Dimana diketahui bahwa jarak antara Kecamatan Bonehau ke kota Mamuju harus menempuh jarak kurang lebih 3 jam, yang bisa membuat pengeluaran untuk pembiayaan rumah sakit akan meningkat,” katanya.

Bupati juga menambahkan bahwa seperti apapun program pemerintah jika tidak dibarengi oleh kerjasama dengan masyarakat, hal itu tak akan berjalan dengan baik.

“Betapapun pemerintah ini membuat program-program, untuk kepentingan rakyat, tanpa sambutan hangat dari bapak-bapak dan ibu ibu, tentunya itu juga tak akan berjalan dengan baik,“ harapnya.

Tidak hanya bupati Mamuju yang menyampaikan tentang fungsi dari dibangunnya Puskesmas Satelit, Gelora Pongkapadang selaku Kepala puskesmas juga menyampaikan kepada masyarakat yang turut hadir dan jajaran Pemkab Mamuju, bahwa  dengan hadirnya Puskesmas Satelit, bisa menggunakanannya dengan baik. Apalagi dengan hadirnya ambulance baru yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Kami juga bersyukur bahwa Puskesmas Satelit ini dibangun dengan baik dan terimakasih atas kepedulian pemerintah kepada masyarakatnya, sehingga Puskesama Satelit ini boleh ada di tempat kami,” ungkap Gelora.

Setelah beberapa waktu tertundanya peresmian Puskesmas Satelit,seharusnya diresmikan di awal bulan Oktober, akan tetapi baru bisa terealisasikan, dikarenakan Pemkab Mamuju turut berduka  dengan musibah yang menimpa masyarakat di Palu,Sulawesi Tengah.

Sekaligus perihal tersebut, segenap jajaran Pemkab Mamuju langsung beranjak ke Kota Palu dalam rangka meninjau dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah gempa dan sunami Palu.

Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Bonehau karena dengan adanya “Sahabat Rakyat” semua dapat mengirimkan do’a kepada masyarakat yang ada Sulawesi tengah tepatnya dikota Palu dan Dongala, sehingga  dapat bangkit dari musibah alam yang  mengporak-porandakan kota Palu dan Dongala.#Sita/ed K1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here