Radzi Saleh: Indonesia Miliki Potensi Besar untuk Bisnis MLM

0
245

KOREKSI.ID – Sebagai negara yang masuk kategori penduduk terbesar di dunia, Indonesia menjadi peluang bisnis besar bagi para pengusaha bisnis Multi Level Marketing (MLM). Bisnis satu ini diyakini akan terus bertahan dalam berbagai situasi ekonomi di tengah kemajuan teknologi.

Dikutip di merdeka.com, Presiden Direktur K-Link Indonesia, DR. MD Radzi Saleh mengakui, Indonesia memiliki pangsa pasar yang tinggi untuk bisnis MLM. Oleh karenanya, Ia pun percaya perusahaan yang dipimpinnya akan terus mendapatkan pilihan di masyarakat.

Menurutnya, masyarakat Indonesia yang menjalankan bisnis ini tak perlu khawatir. Pasalnya, usaha yang mereka laksanakan tidak terbatas terhadap berbagai macam ancaman kemajuan zaman maupun perlambatan ekonomi.

“Di mana penduduk yang banyak di situ potensi MLM cukup penting, kerana (karena) MLM dia menawarkan satu peluang bisnis tidak limited (terbatas),” ujarnya saat berbincang.

Dia mencontohkan, di era kemajuan teknologi saat ini peran manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas akan tergantikan dengan mesin. Dengan begitu, jumlah pengangguran diyakininya akan bertambah. Untuk menghindari itu maka bisnis MLM bisa menjadi solusi.

“Bayangkan, kalau kita bicara sisi logika, lagi banyak teknologi baru yang datang maka berkurang karyawan dibutuhkan. Tetapi, penduduk makin bertambah, lowongan pekerjaan sempit. Peluangnya bisnis, tetapi bisnis juga ada limitasinya seperti macam kantor dia harus cari proyek, bisnis yang terbaik ya MLM lah,” terangnya.

Khusus K-Link sendiri kata dia, orang-orang Indonesia yang tergabung di dalamnya memiliki peran besar bagi perkembangan perusahaan itu. Bahkan, Radzi menilai top leader yang berasal dari Indonesia merupakan yang terbaik hingga mereka mampu mengembangkan sayapnya hingga ke luar negeri.

“K-Link di Indonesia ini yang top leader, saya berani katakan mereka punya rangkaian di luar negara. Walaupun mereka tidak kenal orang (calon konsumen) itu. Market itu terlalu besar. Tidak mentok satu negeri. Setiap benua kita ada,” terangnya.

Meski memiliki potensi besar dalam pengembangan bisnis MLM, kata dia, strategi pemasaran maupun produk yang dihasilkan harus tepat. Pasalnya, hal ini mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Apabila mereka menilai negatif, maka bukan tidak mungkin bisnis tersebut bisa gagal.

“Sering kali dari awal mereka akan benar-benar bagus. Beberapa tahun kemudian marketing plan mereka mentok. Harus ada plan (rencana) A dan B, produk yang dihasilkan juga harus bagus seperti kita di K-Link ini. Tidak tipu-tipu,” pungkasnya.#Mdk/Jay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here