Berkunjung ke Salena, Ketua PW AMAN Sulteng di Sambut Kupu-Kupu

0
277

KOREKSI.ID, PALU – Pengurus Wilayah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PW Aman), Sulawesi Tengah berkunjung ke komunitas adat Nggolo di Salena,Kelurahan Buluri, Kota Palu. Selasa (13/11/2018)

AMAN Sulteng beserta rombongan mendatangi salah satu gubuk di pegunungan Salena tempat ketua adat berada.

Asran Dg. Patompo, Ketua AMAN Sulteng di temui di Salena mengatakan, bahwa pembicaraannya dengan Ketua Adat Salena bertujuan untuk menyapa masyarakat adat di tempat itu.

“Banyak hal yang menjadi pembicaraan dengan Ketua Adat,” katanya.Ia mengatakan, kedatangannya juga untuk memastikan daerah yang terdampak gempa dan Tsunami.

Selain memastikan daerah terdampak bencana alam tujuannya untuk silaturahmi di tempat itu.

Ditanya soal pembicaraan dirinya dengan Ketua Adat Salena. Asran mengatakan, dia mengawali pembicaraan seputar adat di perkampungan itu.

“Seperti adat pernikahan, ketua adat bilang semakin dekat hubungan keluarga maka semakin tinggi juga sanksi adat atau Givu,” jelas Asran.

Ia juga menyebut kedatangannya di Salena di sambut Kupu-Kupu berwarna hijau, Menurutnya hal itu bertanda baik.Adanya tanda itu berarti Tuhan yang Maha Esa merestui dan leluhur di Salena menyambut baik.

Likesando,Ketua Adat Salena juga sempat menyinggung bahwa dulu air laut sampai di perkampungan tua salena yang mereka sebut Bolonggima.
Bolonggima Berarti lubang hewan laut yang dalam bahasa setempat di sebut Kima.

Ditanya seputar tsunami, ia mengatakan bahwa dulu ada kejadian orang tua mereka menjadi korban keganasan air laut. Sehingga keluarganya turun-temurun dilarang bepergian ke laut.

Dia menuturkan bahwa dirinya adalah keturunan ke sepuluh dari kejadian itu.#Arman Seli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here