Mengisi Hari di Tahun 2019 dengan Harapan

0
46

OPINI – Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan didapatkan, atau suatu kejadian berbuah kebaikan di waktu yang datang.

Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang di bathin dan dijadikan sugesti agar terwujud.

Namun adakalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu.Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.

Harapan berasal dari kata harap, menurut KBBI harap memiliki arti mohon, minta, hendaklah.

Biasanya harapan kerap diucapkan saat seseorang memasuki fase yang baru, bisa karena umur yang baru, kehidupan baru seperti pernikahan, memiliki anak, hingga saat momen tahun baru.

Beberapa pendapat menyatakan bahwa esensi harapan berbeda dengan “Berpikir Positif” merupakan salah satu cara terapi/ proses sistematis dalam psikologi untuk menangkal “Pikiran Negatif” atau “Berpikir Pesimis”.

Apa harapan anda di tahun baru? Apakah setiap tahun harapan anda berganti? Kedua pertanyaan tersebut kerap ditanyakan setiap pergantian tahun. Seperti yang kita alami pada awal tahun 2019 dan sudah melewati tahun 2018. Selama kita hidup harapan merupakan cara kita untuk mewujudkan impian jadi kenyataan.

Mengapa hari Anda harus diisi dengan harapan, karena menjadi masalah adalah banyak manusia berharap, tetapi kurang berusaha dan berdoa atau hanya berdoa tanpa berusaha. Setiap momen dalam hari- hari kita mempunyai maknanya sendiri-sendiri, pagi hari membawa harapan,siang hari mengusung keyakinan dan malam bermakna impian.

Tataplah masa depan dengan sebuah harapan akan kebaikan dan kesuksesan yang tertanam dalam pikiran Anda, dan Anda perlu ketahui bahwa langkah mudah dalam membangun sebuah harapan adalah sebuah keyakinan, hal itu yang menjadi utama untuk membangun semua yang kita inginkan.

Jika harapan Anda sebelum tahun 2019  tidak sesuai dengan kenyataan, jangan pernah salahkan diri sendiri apalagi menyalahkan Tuhan. Jangan menyerah apa lagi hilang harapan. Yakinlah bahwa sesuatu yang hebat akan terjadi suatu saat nanti. Kejar apa yang menjadi harapan Anda karena mungkin Tuhan tengah mempersiapkan yang lebih baik dari yang anda harapkan, karena rencana Tuhan selalu indah.

Teruslah yakin dan bersemangat dalam mencapai harapan, karena harapan akan berakhir jika Anda berhenti meyakini. Jika Anda ingin hidup indah, maka bermimpi, berharap dan cintai semua yang ada disekitar.

Sebuah pepatah mengatakan. “Jika cobaan sepanjang sungaï, maka kesabaran itu seluas samudra. Jika Harapan sejauh hamparan mata memandang, maka tekad mesti seluas Angkasa membentang.”(**)

Selamat mewujudkan harapan di tahun 2019.

Salam Sukses!!!

Oleh: Besse Hamsiar, SE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here