2019 Angka Kecelakaan Lalulintas di Sulbar Meningkat

0
48

MAMUJU – Usai menggelar operasi kepolisian dengan sandi Zebra 2019 sejak 23 Oktober – 5 November 2019, Polda Sulbar menggelar konferensi pers hasil operasi Zebra Siamasei 2019.

Hal itu dikatakan Wadir Lantas Polda Sulbar, AKBP Yong Ferrydjon, saat melakukan konferensi person di aula Ditlantas Polda Sulbar di Jalan Akhmad Kirang Mamuju, Kamis (7/11/2019)

Yong Ferrydjon menyebutkan, salah satu indikator terciptanya revolusi mental adalah, kondisi lalu lintas yang tertib dan lancar.

“Lalulintas sebagai urat nadi kehidupan, sangatlah penting dalam menunjang kehidupan suatu Negara. Lalulintas juga merupakan cerminan suatu Negara. Apabila lalu lintasnya tertib, maka Negara tersebut dapat dikatakan tertib,” ucapnya.

Menurutnya,pelaksanaan operasi Zebra di wilayah hukum Polda Sulawesi Barat sendiri, mengedepankan gakkum secara humanis diimbangi giat premtif dan preventif, guna meningkatkan Kamseltibcar lantas yang lebih baik.

Dari data hasil operasi yang disebutkan, pelanggaran lalulintas dan kecelakaan tahun ini mengalami peningkatan, disebabkan bebeberapa faktor, yaitu kurangnya kesadaran hukum pada pemakai jalan untuk mentaati peraturan lalulintas, ditambah lagi sarana dan prasarana jalan yang kurang memadai sedangkan jumlah pertumbuhan penduduk untuk Provinsi Sulbar semakin meningkat.

Yong menyebut,  perbandingan data pelanggaran dan kecelakaan tahun 2018 dan tahun 2019 mengalami peningkatan sebanyak 500 Kasus. Di tahun 2018 tercatat 1.267 dan tahun 2019 meningkat sebanyak 1.767 kasus.

Sementara untuk data kecelakaan naik 18 kasus dimana pada tahun 2018 hanya satu kejadian sedangkan ditahun ini, kecelakaan melonjak menjadi 19 kasus ditambah dengan korban yang meninggal dunia sebanyak 4 orang, luka berat 4 orang, luka ringan 25 orang dan kerugian materil sebanyak Rp.35.100.000.

Kegiatan diisi dengan tanyajawab, terkait perkembangan dan situasi lalulintas di Sulbar sebagai upaya untuk mewujudkan solusi agar kamseltibcar lebih terkontrol dan kondusif.#Jay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here