Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah Masuk Radar Capres PDIP 2024

0
78

KOREKSI.id – PDI Perjuangan punya jenjang rekrutment yang jelas dan terpola. Misalnya, Jokowi yang berhasil di Solo diusung dan terpilih Gubernur DKI Jakarta, lalu menjadi capres dan terpilih dua periode.

Selain Jokowi, di Sulsel ada figur Nurdin Abdullah yang sukses di Kabupaten Bantaeng. Nurdin diusung PDIP pada Pemilu 2019 dan terpilih menjadi Gubernur Sulsel.

Sistem rekrutmen PDIP yang terpola cukup mumpuni menjaring figur pemimpin nasional. Tak heran jika Nurdin Abdullah yang saat ini sebagai Gubernur Sulsel masuk dalam radar capres 2024-2029 di PDIP.

Ari Junaedi Pengamat Komunikasi Politik memprediksi, di Pilpres 2024, menyebutkan pada Pilpres 2024, nama-nama yang masuk radar PDIP antara lain, Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng), Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Nurdin Abdullah (Gubernur Sulsel), Matias Mairuma (Kaimana) dan Abdullah Azwar Anas (Banyuwangi).

Menurut Ari, di Pilpres 2024, PDIP tidak akan memaksakan mengusung trah Soekarno, seperti seperti Pilpres 2014 dan 2019 mengusung Joko Widodo dan menang.

Ari menilai, partai berlogo moncong putih itu bakal merekrut calon pemimpin nasional yang kinerjanya terbukti. Selain Nurdin, juga ada Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Ari menjelaskan, pola rekrutmen PDIP pada 2024 tak jauh dari dua pemilihan sebelumnya.

“Polanya bisa dilihat dari langkah PDIP merekrut calon kepala daerah dan capres, PDIP pasti akan mengorbitkan kepala daerah yang berhasil,” jelasnya.#hns/red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here