Rakorda Sensus Penduduk 2020 BPS Sulbar

0
130

MAMUJU – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakord) Sensus Penduduk 2020 di Sulbar digelar di Ruang Auditorium Lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Kamis (13/2/2020).

Kepala BPS Sulbar Win Rizal menyampaikan, dalam sambutannya terkait dengan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 BPS Sulbar berdasarkan undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik rekomendasi PBB setiap Negara harus menyelenggarakan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali.

Pada tahun 2019 Setelah di keluarkan Perpres Nomor 39 tentang satu data Indonesia dan Perpres No 62 tentang strategi nasional percepatan administrasi kependudukan untuk pengembangan statistik hayati.

Disampaikan bahwa, data hasil SP 2020 tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan di masa ini tetapi juga mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan.

Lebih lanjut Win Rizal menjelaskan, SP 2020 akan dilakukan dalam dua tahap pertama adalah pencatatan yang akan dilakukan di tahun 2020 dalam tahap ini akan ada 22 pertanyaan dasar seperti nama alamat pekerjaan pendidikan dan perumahan.Tahap kedua adalah pencacahan sampel yang akan dilakukan di tahun 2021 dengan mengajukan 80 pertanyaan yang lebih detail.

SP 2020 akan menggunakan metode kombinasi dengan cara menggunakan data dukcapil sebagai data dasar, tujuannya adalah menghasilkan satu data kependudukan.

Sensus penduduk online mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dengan cara mengakses website sensus bps.go.id bagi masyarakat yang belum mengikuti sensus penduduk online akan ditangani petugas sensus dan didata secara langsung di rumah door to door pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.

Faktor keberhasilan SP 2020 antara lain partisipasi dari masyarakat untuk ikut serta memberikan jawaban yang jujur dan benar serta dukungan penuh dari pemerintah daerah instansi vertikal BUMN organisasi dan seluruh pihak.

‚ÄúDalam kesempatan ini kami mohon arahan dan dukungan dari ibu wakil gubernur provinsi sulawesi barat agar dalam pelaksanaan sensus 2020 ini di provinsi Sulbar dapat berjalan dengan lancar,” ucap Win Rizal.

“Mari bergandeng tangan untuk menghasilkan data kependudukan satu data seluruh Indonesia,” ajaknya.#Rls/Siar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here