Cegah Kerusakan Kawasan Hutan, Dishut Sulbar Gelar Sosialisasi

0
121

MAMUJU – Pemprov Sulbar melalui Dinas Kehutanan (Dishut) menyelenggarakan sosialisasi kehutanan di aula kantor setempat, Selasa (16/6/2020).

Sosialasi dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar bisa mengelolah lahan pertanian secara legal di dalam kawasan hutan, melalui skema perputaran sosial.

“Perputaran sosial merupakan salah satu program prioritas dari pemerintah, dengan tujuan agar masyarakat bisa memiliki akses untuk mengelola kawasan hutan tanpa merusaknya dan aspek kelestariannya juga perlu kita perhatikan,” kata Suharnani, Kepala Bidang Pengelolaan Das dan Perhutanan Sosial, Dinas Kehutanan Sulbar, saat diwawancara usai kegiatan

Suharnani menuturkan, pihaknya mendapat dukungan dari para kepala desa dan camat untuk menindaklanjuti pelaksanaan kegiatan itu kepada masyarakat.

“Setelah berdiskusi dengan para kepala desa dan camat, mereka sangat respect dan mendukung kami untuk menindaklanjutinya sampai ke tingkat masyarakat,” ungkap Suharnani.

Sebagai bentuk tindaklanjut dari kegiatan itu, lanjut Suharnani, pihaknya akan mengunjungi desa dan bertemu langsung dengan masyarakat yang belum mempunyai kelompok tani.

“Kami akan upayakan membuatkan kelompok tani agar mereka legal. Kelompok inilah yang akan mengajukan permohonan ijin ke Menteri LHK, dengan beberapa persyaratan, salah satuya adalah KTP,” tuturnya.

Sosialisasi tersebut, diikuti dua kecamatan yang ada di Mamuju, yakni Kecamatan Simboro dan Tappalang Barat.#ilham/red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here