Ketua Forki Palopo Harapkan Inkado Lahirkan Atlet Karate Berkarakter

0
344

KOREKSI.id, Palopo – Di Gedung Olah Raga (GOR) Lagaligo, puluhan Karateka dibawah naungan perguruan Indonesia Karate-Do (Inkado) Kota Palopo, Kamis (11/3/2021).

Mereka hadir untuk mengikuti kenaikan sabuk (turun kyu) dari sabuk putih sampai coklat.
Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Umum Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Palopo, dr. Abdul Syukur Kuddus,SpB.

Dalam sambutannya didepan puluhan peserta yang akan mengikuti ujian, dr.Abdul Syukur Kuddus menceritakan asal muasal awal masuknya perguruan Inkado ke Indonesia.

“Perlu kita ketahui, Inkado berkembang di Indonesia, dibawa Professor Sihan Baut, saat itu beliau menuntut pendidikan di Jepang pada tahun 70 an,” ungkap Syukur.

Didampingi tim penguji Sensei Yusuf Rolung pemegang DAN V SKIF/Inkado dan Ketua Harian Inkado Palopo, A.Junaidi pemegang DAN V SKIF/Inkado.

Ketua FORKI, berharap agar atlet Karateka dari Inkado berkarakter.

“Harapan kami selaku Ketua FORKI Palopo, atlet Karateka dari Inkado Palopo, selain hebat di Kumite dan Kata, perlu memiliki karakter sesuai motto Inkado dan sumpah Karate, yaitu sanggup memelihara kepribadian, patuh pada kejujuran, mempertinggi prestasi, menjaga sopan santun dan sanggup menguasai diri,” ungkapnya.

Syukur juga menceritakan, bahwa dirinya dulu juga latihan di Inkado saat dibangku SLTA.

“Dulu waktu di SMA 3 Sensei Junaidi yang melatih saya, sehingga kami selalu menanamkan filosofi motto Inkado dan sumpah Karate,” ucapnya.

Selain itu, dr.Syukur yakin kedepan Inkado Palopo akan melahirkan atlet Nasional dan Internasional.

“Saya yakin kedepan Inkado Palopo akan melahirkan atlet Karateka Nasional seperti saudara sempai Aswar Ismail saat ini menjadi PNS di Palopo, sempat mengharumkan nama Palopo dan Indonesia di Sea Games dan kejuaraan bertaraf Internasional lainnya,” ungkap dr.Syukur.#Red/Jaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here