GPNI Desak Kejati Sultra Periksa Kadis Balitbang dan Bupati Konsel

0
387

KOREKSI.id, Kendari – Sejumlah masa aksi dari lembaga Gerakan Pemuda Nasional Indonesia (GPNI) melakukan aksi damai di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara, Jumat (7/5/2021).

Aksi tersebut dilakukan terkait kasus dugaan melibatkan Kepala Dinas Badan Penelitian Pengembangan dan Pembukuan (Balitbang) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk segera ditetapkan sebagai tersangka.

Jendral lapangan Widodo,SH dari GPNI mengatakan,aksi dia lakukan terkait temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

“Kerugian Negara senilai Rp1.660.015.000 pada tahun 2018 harus dikembalikan kepada Negara, karena merupakan tindak pidana korupsi dan siapa pun yang melakukan korupsi harus diberikan sanksi, sesuai undang-undang yang berlaku. Dalam hal undang-undang tindak pidana korupsi no 31 tahun 1999, pasal 42 dan PP No. 43 Tahun 2018 Pasal 2,” kata Widodo.

“Kami dari Gerakan Pemuda Nasional Indonesia untuk terus mengawal dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Balitbang Konawe Selatan untuk mempertanggungjawabkan persoalan tersebut,” ungkap Widodo.

Dalam orasinya, Widodo juga mengatakan, ada dugaan keterlibatan Bupati Konawe Selatan Surunudi Dangga, dalam kasus korupsi 2018 berdasarkan temuan dari BPK RI.

“Berdasarkan data dari BPK RI, dugaan korupsi berawal dari pembayaran tenaga pendukung pembantu lapangan atau surveyor sebesar Rp. 609.760.000, serta biaya transportasi diberikan secara tunai dan tidak direalisasikan secara At Cost sebesar Rp762.200.000 dan biaya seminar awal, dan seminar akhir dibuktikan secara memadai sebesar Rp288.055.000,” kata Widodo memaparkan temuan dari BPK RI.

Widodo juga selaku Ketua Umum GNPI akan terus mengawal kasus tersebut hingga ada ditetapkan sebagai tersangka.#Fatur/red Jaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here