cara melihat foto yang dicadangkan di google foto

Sobat KOREKSI ID, Inilah Cara Melihat Foto yang Dicadangkan di Google Foto

Halo Sobat KOREKSI ID! Apakah kamu sering berfoto menggunakan smartphone? Jika ya, pasti momen-momen berhargamu sudah banyak tersimpan di Google Foto. Namun, tahukah kamu bahwa selain foto-foto yang kamu unggah, terdapat juga foto-foto yang dicadangkan secara otomatis di Google Foto? Nah, kali ini kita akan membahas cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto secara mudah dan praktis. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pendahuluan

Sebagai pengguna Google Foto, kamu mungkin pernah mengalami kekhawatiran kehilangan foto-foto berhargamu. Untungnya, Google Foto memiliki fitur cadangan otomatis yang memungkinkan fotomu dicadangkan secara aman ke Cloud dan dapat diakses kapan saja tanpa takut kehilangan. Nah, dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto dengan mudah. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi kehilangan momen berharga dalam hidupmu. Mari kita mulai!

1. Buka Aplikasi Google Foto

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Foto di smartphonemu. Jika belum mengunduh aplikasinya, kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi Google Foto tersebut pada layar utama smartphone kamu.

2. Masuk ke Akun Google

Setelah berhasil membuka aplikasi Google Foto, langkah selanjutnya adalah masuk ke akun Google yang terhubung dengan foto-foto yang ingin kamu lihat. Biasanya, aplikasi Google Foto akan secara otomatis menghubungkan dengan akun Google yang terdaftar di smartphone kamu. Namun, jika belum terhubung atau terdapat lebih dari satu akun Google, kamu perlu memilih akun yang ingin kamu gunakan untuk melihat foto-foto yang dicadangkan.

3. Tap Pilihan ‘Fotomu’

Setelah masuk ke akun Google, kamu akan melihat berbagai opsi yang tersedia di aplikasi Google Foto. Salah satu opsi yang perlu kamu tap adalah ‘Fotomu’ yang terletak di bagian bawah layar aplikasi. Opsi ini akan mengarahkan kamu untuk melihat semua foto yang tersimpan di Google Foto, termasuk foto yang telah dicadangkan secara otomatis.

4. Cari Foto yang Dicadangkan

Pada layar ‘Fotomu’, kamu akan melihat beberapa kategori seperti ‘Terbaru’, ‘Album’, ‘Jelajahi’, dan lainnya. Di bagian atas layar tersebut, kamu akan menemukan ikon berupa kamera dengan panah ke atas yang menunjukkan foto yang telah dicadangkan secara otomatis. Tap ikon tersebut untuk melihat semua foto yang telah dicadangkan di Google Foto.

5. Tampilkan Semua Foto Dicadangkan

Dalam tampilan foto yang dicadangkan, kamu perlu mengatur urutan tampilan foto agar semuanya dapat ditampilkan. Caranya, geser layar ke atas secara perlahan hingga semua foto dicadangkan muncul. Dalam beberapa kasus, jika foto yang dicadangkan sangat banyak, kamu mungkin perlu memulai pemutaran foto dari atas terlebih dahulu untuk memastikan semua foto dicadangkan telah ditampilkan.

6. Perbesar Foto untuk Melihat Detailnya

Jika ingin melihat foto dengan lebih jelas dan mendetail, kamu bisa memperbesar foto dengan cara melakukan pinch-in atau membuat gerakan dengan jari di layar. Dengan cara ini, kamu dapat memperbesar foto dan memperhatikan detail-detail di dalamnya. Untuk kembali ke tampilan semula, cukup lakukan pinch-out atau gerakan berkebalikan.

7. Geser ke Kiri atau Kanan untuk Melihat Foto Lainnya

Setelah memperbesar foto yang ingin kamu lihat, kamu bisa menggeser layar ke kiri atau kanan untuk melihat foto lainnya. Google Foto biasanya mengurutkan semua foto secara kronologis, mulai dari yang paling baru hingga yang paling lama. Jadi, geser layar dengan lembut untuk menjelajahi semua foto yang telah dicadangkan di Google Foto.

8. Bagikan atau Unduh Foto

Selain melihat foto yang telah dicadangkan, kamu juga bisa melakukan berbagai tindakan seperti membagikan foto ke media sosial atau mengunduhnya ke perangkatmu. Untuk membagikan, cukup tap ikon ‘Bagikan’ yang tersedia di layar. Sedangkan untuk mengunduh, kamu bisa tap ikon ‘Unduh’ yang juga terlihat di tampilan foto.

9. Keluar dari Mode Melihat Foto Dicadangkan

Setelah selesai melihat foto yang telah dicadangkan, kamu bisa keluar dari mode melihat foto tersebut dengan mudah. Caranya, cukup geser layar ke bawah perlahan hingga menu pilihan ‘Fotomu’ muncul kembali di bagian atas layar. Jika tidak ingin melihat foto lainnya dan ingin kembali ke halaman utama Google Foto, tap ikon ‘Tutup’ yang terletak di sudut kanan atas layar.

Tinggalkan komentar