cara melihat hasil screenshot di laptop windows 10

Salam, Sobat KOREKSI ID!

Selamat datang kembali di KOREKSI ID, sebuah portal berita teknologi yang selalu memberikan informasi terkini seputar dunia teknologi. Kali ini, kami akan membahas cara melihat hasil screenshot di laptop Windows 10. Bagi kalian yang pemula atau mungkin baru menggunakan Windows 10, kamu mungkin masih bingung dengan cara melihat hasil tangkapan layar atau screenshot. Jangan khawatir, kami akan memberikan penjelasan secara detail agar kamu lebih paham dan bisa langsung melihat hasil screenshot dengan mudah. Yuk, simak artikel berikut!

Pendahuluan

Sebelum membahas mengenai cara melihat hasil screenshot di laptop Windows 10, perlu kamu ketahui bahwa proses pengambilan screenshot pada Windows 10 sangatlah mudah dan cepat. Namun, terkadang kita masih kesulitan untuk menemukan dan melihat hasil tangkapan layar tersebut. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami telah merangkum beberapa cara untuk melihat hasil screenshot di laptop Windows 10.

Windows 10, sistem operasi terbaru dari Microsoft, menawarkan banyak fitur yang berguna termasuk kemudahan mengambil screenshot. Namun, tidak semua pengguna mengetahui cara melihat hasil screenshot tersebut setelah berhasil mengambilnya. Untuk itu, agar tidak ada lagi kebingungan, berikut adalah beberapa cara melihat hasil screenshot di laptop Windows 10.

1. Melalui File Explorer

Salah satu cara yang paling mudah adalah melalui File Explorer. Kamu bisa menemukan hasil tangkapan layar dengan membuka File Explorer, lalu masuk ke folder “Gambar” di dalam folder “Dokumen”. Di sana, kamu akan menemukan folder “Tangkapan layar” yang berisi hasil screenshot.

2. Menggunakan Aplikasi Paint

Bagi kamu yang familiar dengan aplikasi Paint, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat hasil screenshot. Cukup buka aplikasi Paint, lalu klik tombol “Tempel” di menu atas. Hasil tangkapan layar akan muncul dan kamu dapat melihatnya serta mengeditnya sesuai keinginan.

3. Dengan Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Cara selanjutnya yang sangat cepat dan praktis adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Setelah kamu menekan tombol tersebut, hasil screenshot akan secara otomatis disimpan di folder “Tangkapan layar” dalam folder “Gambar” di File Explorer.

4. Melalui Aplikasi Screenshot

Jika kamu lebih suka menggunakan aplikasi khusus untuk mengambil screenshot, kamu juga bisa melihat hasil tangkapan layar melalui aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi screenshot memiliki fitur untuk melihat dan mengelola hasil screenshot yang telah diambil.

5. Cara Custom Sendiri

Selain menggunakan metode yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan cara-cara custom atau mengatur sendiri cara melihat hasil screenshot di laptop Windows 10. Kamu bisa menjelajahi pengaturan sistem dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Menemukan Hasil Screenshot dalam Clipboard

Windows 10 memiliki fitur clipboard yang memungkinkan kamu untuk menyalin dan menyimpan teks, gambar, atau file lainnya sementara sebelum kamu memutuskan untuk menyimpannya secara permanen. Kamu bisa memeriksa hasil tangkapan layar yang belum disimpan di sana.

7. Menggunakan Aplikasi Penampil Gambar

Selain menggunakan Paint, kamu juga bisa menggunakan aplikasi penampil gambar seperti Photos atau aplikasi lainnya yang dapat membuka dan melihat gambar. Cukup buka aplikasi tersebut dan cari gambar hasil screenshot di dalam folder “Tangkapan layar” di File Explorer.

8. Melalui Aplikasi Screenshot Online

Jika kamu ingin lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan aplikasi screenshot online, di mana kamu dapat mengambil screenshot langsung dari browser dan melihat hasilnya dengan mudah. Beberapa aplikasi screenshot online bahkan juga menyediakan fitur pengeditan sederhana.

9. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode-metode di atas masih belum memuaskanmu, kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus dirancang untuk mengelola screenshot. Beberapa aplikasi tersebut memiliki fitur untuk melihat dan mengedit hasil tangkapan layar dengan lebih lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10

Setelah mengetahui beberapa cara melihat hasil screenshot di laptop Windows 10, pasti terlintas pertanyaan, “Apakah ada kelebihan dan kekurangan dari setiap cara tersebut?”. Nah, kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara-cara tersebut.

No. Metode Kelebihan Kekurangan
1 Melalui File Explorer – Mudah ditemukan
– Tidak membutuhkan aplikasi tambahan
– Memerlukan beberapa tahap untuk menemukan hasil screenshot
2 Menggunakan Aplikasi Paint – Memungkinkan untuk mengedit hasil screenshot
– Tersedia pada semua versi Windows
– Memerlukan proses tambahan untuk membuka aplikasi Paint
3 Dengan Menggunakan Tombol Windows + Print Screen – Cepat dan mudah
– Hasil screenshot secara otomatis disimpan
– Tidak ada opsi untuk mengedit atau melihat hasil sebelumnya
4 Melalui Aplikasi Screenshot – Biasanya memiliki fitur pengaturan tambahan
– Memungkinkan pengelolaan tangkapan layar secara lebih baik
– Memerlukan instalasi aplikasi tambahan
5 Cara Custom Sendiri – Dapat disesuaikan sesuai kebutuhan
– Bisa lebih mudah mencari hasil screenshot
– Membutuhkan pengetahuan lebih dalam tentang sistem Windows
6 Menemukan Hasil Screenshot dalam Clipboard – Mencari dan melihat hasil tangkapan layar yang belum disimpan – Tidak praktis karena hanya menyimpan sementara

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat hasil screenshot di laptop Windows 10. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi kamu. Beberapa cara seperti melalui File Explorer, menggunakan aplikasi Paint, atau dengan tombol Windows + Print Screen, merupakan metode yang paling umum dan mudah digunakan. Namun, ada juga metode lain seperti melalui aplikasi screenshot, cara custom, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa lebih disesuaikan dengan keinginanmu.

Kesimpulannya, pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Apapun metodenya, yang terpenting adalah kamu bisa melihat hasil tangkapan layar dengan mudah dan cepat.

Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam melihat hasil screenshot di laptop Windows 10, jangan ragu untuk mencoba metode lain atau mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan dengan lebih teliti. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai cara melihat hasil screenshot di laptop Windows 10.

Jika ada pertanyaan atau komentar, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah. Kami akan dengan senang hati menjawabnya. Terima kasih telah mengunjungi KOREKSI ID dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya!

Disclaimer: Artikel ini disusun berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kami. Meskipun telah kami lakukan penelitian yang cermat, kami tidak menjamin keakuratan dan keberlanjutannya. Segala tindakan yang diambil berdasarkan informasi dalam artikel ini adalah tanggung jawab Anda sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan.

Tinggalkan komentar