cara melihat komentar di youtube

Sobat KOREKSI ID, Mau Tahu Cara Melihat Komentar di YouTube?

Halo Sobat KOREKSI ID! Apakah kalian sering kali penasaran dengan apa yang orang lain katakan tentang suatu video di YouTube? Komentar pengguna pada platform video ini dapat memberikan beragam pandangan dan pendapat menarik yang mungkin kita lewatkan saat menonton video tersebut. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara melihat komentar di YouTube secara lengkap. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Pendahuluan

Seperti yang telah kita ketahui, YouTube merupakan salah satu situs berbagi video terbesar dan terpopuler di dunia. Saat ini, jutaan video yang dipublikasikan oleh pengguna dari seluruh penjuru dunia dapat dengan mudah kita akses di platform ini. Mungkin saja ada momen ketika kita menyukai atau tidak setuju dengan pendapat seseorang di komentar video YouTube tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara melihat dan membaca komentar di YouTube agar kita dapat ikut serta dalam diskusi dan memberikan reaksi terhadap video yang kita tonton. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Langkah Pertama: Buka Video YouTube

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka video yang kita ingin lihat komentarnya. Cari video tersebut pada halaman utama YouTube atau menggunakan fitur pencarian. Setelah menemukan video yang diinginkan, klik video tersebut untuk memulai pemutaran.

2. Langkah Kedua: Gulir ke Bawah

Setelah video dimulai, Anda perlu menggulir ke bawah halaman. Di sana Anda akan menemukan beberapa informasi, termasuk statistik video dan deskripsi. Di bagian bawah deskripsi, Anda akan melihat bagian “Komentar”. Anda dapat menggulir lebih jauh ke bawah untuk melihat semua komentar yang telah diposting oleh pengguna yang lain.

3. Langkah Ketiga: Fitur Urutan Komentar

Di sebelah kanan bagian komentar, Anda akan menemukan fitur urutan komentar. YouTube memberi Anda beberapa pilihan untuk mengurutkan komentar tersebut. Pilihan yang umum adalah “Urutkan menurut Tanggal” dan “Urutkan oleh Relevansi”. Anda dapat memilih salah satu dari dua opsi ini atau mengubahnya sesuai dengan preferensi Anda.

4. Langkah Keempat: Memperluas Komentar

Beberapa komentar memiliki panjang teks yang lebih dari sekedar satu baris. Untuk membaca komentar yang lebih panjang, Anda dapat mengklik tombol “Lihat Lebih Banyak Balasan” yang terletak di bagian bawah komentar. Ini akan memberikan Anda akses untuk melihat seluruh isi komentar.

5. Langkah Kelima: Komentar Teratas

Banyak pengguna YouTube tertarik untuk melihat komentar teratas. Biasanya, komentar teratas adalah komentar-komentar yang mendapat banyak like atau respon positif dari pengguna lainnya. Untuk melihat komentar teratas, Anda dapat mengklik tombol “Tampilkan Komentar Paling Populer” yang terletak di bawah bagian komentar, tepat di sebelah fitur urutan komentar.

6. Langkah Keenam: Menulis Komentar

Jangan lupa, Sobat KOREKSI ID, bahwa Anda juga dapat memberikan komentar di YouTube. Jika Anda ingin ikut serta dalam diskusi atau memberikan pendapat tentang video yang Anda tonton, Anda dapat mengisi kolom komentar yang tersedia. Klik pada kolom yang tersedia, ketikkan komentar Anda, dan terakhir, klik tombol “Kirim”.

7. Langkah Ketujuh: Menyembunyikan Komentar

Sayangnya, tidak semua komentar yang muncul di YouTube adalah komentar yang bermutu atau sesuai dengan kebijakan komunitas YouTube. Jika Anda menemukan komentar yang tidak pantas atau melanggar pedoman komunitas, Anda memiliki opsi untuk menyembunyikan komentar tersebut. Klik tombol tanda tiga titik (ellipsis) di samping komentar yang ingin Anda sembunyikan dan pilih “Sembunyikan”.

8. Langkah Kedelapan: Melaporkan Komentar

Apabila Anda menemukan komentar yang benar-benar melanggar kebijakan komunitas YouTube, Anda juga dapat melaporkannya. Klik tombol tanda tiga titik (ellipsis) di samping komentar dan pilih “Laporkan”. Ikuti instruksi yang diberikan dan pilih alasan pelaporan yang sesuai.

9. Langkah Kesembilan: Mengatur Notifikasi Komentar

Jika Anda ingin selalu mendapatkan pemberitahuan ketika ada orang lain yang memberikan komentar di video yang Anda tonton, Anda dapat mengatur notifikasi komentar. Klik tombol lonceng di sebelah tombol “Berlangganan” untuk mengaktifkan notifikasi komentar.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Melihat Komentar di YouTube

Setelah mengetahui cara melihat komentar di YouTube, tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kita perhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Sobat KOREKSI ID ketahui sebelum melihat komentar di YouTube secara aktif:

1. Kelebihan

a. Informasi Tambahan: Melihat komentar di YouTube dapat memberikan wawasan tambahan tentang opini orang lain terhadap video yang sedang ditonton.

b. Memperluas Pengetahuan: Dalam komentar, sering kali pengguna saling berdiskusi dan berbagi informasi tambahan yang mungkin bisa menambah pengetahuan Sobat KOREKSI ID.

c. Menjalin Interaksi: Melalui komentar, Sobat KOREKSI ID dapat berinteraksi dengan pengguna YouTube lainnya yang memiliki minat yang sama.

d. Pemecahan Masalah: Komentar juga sering kali digunakan untuk berdiskusi tentang permasalahan dan solusi terkait dengan konten video.

e. Menyalurkan Pendapat: Anda dapat memberikan tanggapan atau pendapat Anda sendiri dengan membalas komentar yang ada atau membuat komentar baru.

2. Kekurangan

a. Komentar Negatif: Sayangnya, tidak semua komentar di YouTube memiliki konten yang positif. Komentar negatif atau bashing dapat mengurangi pengalaman menonton Anda.

b. Spam dan Iklan: Beberapa pengguna juga mungkin memanfaatkan kolom komentar untuk mempromosikan produk atau menyebarkan spam.

c. Komentar Tidak Bermutu: Terkadang, komentar yang ada tidak memiliki substansi dan tidak berkontribusi dalam diskusi yang berlangsung.

d. Troll dan Haters: Di dunia maya, trolling dan pembenci hampir tidak bisa dihindari. Komentar semacam ini dapat mengganggu dan menurunkan semangat kita.

e. Menyerap Waktu: Terkadang kita bisa terlalu asyik membaca dan membalas komentar sehingga melupakan tujuan awal kita saat membuka YouTube.

Tabel Cara Melihat Komentar di YouTube

Langkah Deskripsi
1 Membuka video YouTube yang diinginkan.
2 Menggulir ke bawah dan menemukan bagian komentar.
3 Menggunakan fitur urutan komentar untuk mengatur tampilan.
4 Memperluas komentar yang lebih panjang dengan mengklik tombol “Lihat Lebih Banyak Balasan”.
5 Menampilkan komentar teratas dengan mengklik tombol “Tampilkan Komentar Paling Populer”.
6 Menulis komentar dengan mengklik kolom komentar yang tersedia.
7 Menyembunyikan komentar yang tidak diinginkan dengan mengklik tombol tanda tiga titik (ellipsis).
8 Melaporkan komentar yang melanggar kebijakan komunitas dengan mengklik tombol tanda tiga titik (ellipsis).
9 Mengatur notifikasi komentar dengan mengklik tombol lonceng di sebelah tombol “Berlangganan”.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara melihat komentar di YouTube, kita dapat memperluas pengalaman menonton dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Melalui komentar, kita dapat membaca pandangan, membagikan pendapat, dan mencari tahu informasi tambahan tentang video yang kita tonton. Namun, kita juga perlu berhati-hati terhadap komentar negatif dan spam yang terkadang muncul di kolom komentar. Jadi, jangan takut untuk berdiskusi dan memberikan pendapat di kolom komentar, tetapi tetap berpegang pada etika dan hargai pendapat orang lain.

Demikianlah artikel tentang cara melihat komentar di YouTube. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu Sobat KOREKSI ID untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik di platform video ini. Teruslah berdiskusi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Sobat KOREKSI ID yang belum mengetahui caranya. Sampai jumpa dan selamat menonton!

Kata Penutup

Seluruh informasi yang tersedia di artikel ini dapat berubah mengikuti perkembangan fitur dan kebijakan dari YouTube. Artikel ini dibuat berdasarkan kondisi terkini dan informasi yang tersedia saat penulisan. Kami tidak bertanggung jawab atas perubahan yang terjadi setelah artikel ini diterbitkan. Informasi yang ada di artikel ini semata-mata untuk memberikan panduan kepada pembaca dan tidak dijamin keakuratan, kesesuaian, atau ketersediaan informasi tersebut. Silakan menggunakan informasi ini dengan bijak dan bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar