cara melihat nilai tugas di google classroom

Sobat KOREKSI ID, Mau Tahu Cara Melihat Nilai Tugas di Google Classroom?

Halo Sobat KOREKSI ID, apa kabar? Bagaimana perkembangan belajar onlinemu? Semoga semuanya berjalan lancar ya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu fitur Google Classroom yang sangat penting, yaitu cara melihat nilai tugas. Bagi kamu yang masih baru menggunakan Google Classroom, mungkin masih belum tahu gimana cara melihat nilai tugas di platform ini. Tenang saja, dalam artikel ini akan kita bahas dengan lengkap dan detail.

Pendahuluan

Sebelum memulai pembahasan lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu Google Classroom. Google Classroom merupakan aplikasi pengelolaan pembelajaran online yang dikembangkan oleh Google. Dalam platform ini, para guru dapat membuat kelas virtual dan memberikan tugas kepada siswa. Tentunya, selain memberikan tugas, guru juga harus memberikan penilaian terhadap tugas yang telah dikerjakan oleh siswa.

Cara melihat nilai tugas di Google Classroom sebenarnya cukup sederhana. Namun, bagi beberapa orang yang belum terbiasa, mungkin akan merasa sedikit bingung. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas langkah-langkahnya secara terperinci agar kamu dapat dengan mudah melihat nilai tugasmu di Google Classroom. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Kelebihan dan Kekurangan Cara Melihat Nilai Tugas di Google Classroom

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai langkah-langkah melihat nilai tugas, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari cara ini. Sebagai pengguna Google Classroom, tentu penting bagi kita untuk mengetahui apa yang bisa diharapkan dan apa yang tidak bisa diharapkan dari fitur ini.

Kelebihan Cara Melihat Nilai Tugas di Google Classroom

1. Mudah dan Praktis: Salah satu kelebihan besar dari Google Classroom adalah kemudahan penggunaannya. Termasuk dalam hal ini adalah kemudahan dalam melihat nilai tugas. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, kita sudah bisa melihat sekaligus memahami nilai yang telah diperoleh.

2. Transparansi: Dengan menggunakan Google Classroom, baik guru maupun siswa dapat dengan mudah melihat nilai tugas yang telah diberikan. Hal ini tentu sangat penting untuk meningkatkan transparansi dalam proses pembelajaran online.

3. Penghematan Waktu: Sebagai guru, dengan memanfaatkan fitur melihat nilai tugas di Google Classroom, kita bisa menghemat banyak waktu. Tidak lagi perlu susah-susah menghitung dan memeriksa satu persatu tugas siswa, karena semuanya sudah tercatat dengan rapi di platform ini.

4. Mudah Dibaca dan Dimengerti: Data nilai tugas di Google Classroom disajikan dalam bentuk tabel yang rapi dan terstruktur. Dalam tabel tersebut, kita bisa melihat nama siswa, nilai yang diperoleh, serta catatan jika ada.

5. Meningkatkan Akurasi: Menghitung jumlah tugas yang telah dikerjakan siswa dan memberikan nilai dengan akurat tentu tidak mudah dilakukan secara manual. Dengan menggunakan Google Classroom, semua perhitungan akan dilakukan secara otomatis, sehingga tingkat akurasi penilaian bisa lebih tinggi.

Kekurangan Cara Melihat Nilai Tugas di Google Classroom

1. Keterbatasan Fungsi: Meskipun fitur melihat nilai tugas di Google Classroom mempermudah kita, tetapi sayangnya fitur ini memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, kita tidak bisa melakukan perubahan nilai langsung di platform ini. Hal ini bisa menyulitkan guru jika ingin mengoreksi atau memberikan nilai revisi.

2. Koneksi Internet: Tentu saja, untuk menggunakan Google Classroom, kita membutuhkan koneksi internet yang stabil. Ketergantungan pada koneksi internet bisa menjadi hambatan jika ada kendala teknis seperti lambat atau putusnya koneksi.

3. Ketergantungan Hardware: Selain koneksi internet, penggunaan Google Classroom juga memerlukan perangkat keras seperti komputer atau smartphone. Hal ini tentu menjadi kendala bagi siswa atau guru yang tidak memiliki akses ke perangkat tersebut.

Cara Melihat Nilai Tugas di Google Classroom

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cara melihat nilai tugas di Google Classroom, sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan inti, yaitu langkah-langkahnya sendiri. Berikut adalah cara melihat nilai tugas di Google Classroom:

Langkah Keterangan
1 Masuk ke akun Google Classroom
2 Pilih kelas yang ingin dilihat nilai tugasnya
3 Klik tab “Tugas”
4 Pilih tugas yang ingin dilihat nilainya
5 Klik tombol “Nilai”
6 Akan muncul tabel dengan semua informasi nilai tugas

Sangat mudah, bukan? Dalam beberapa langkah saja, kamu sudah bisa melihat dengan jelas nilai tugas yang telah diberikan oleh guru. Jika ada jawaban yang perlu dikoreksi atau revisi, kamu juga bisa melihat catatan dan komentar dari guru di dalam tabel tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita mengenai cara melihat nilai tugas di Google Classroom. Dengan fitur ini, tidak hanya guru yang diuntungkan, tetapi juga siswa. Di sisi guru, fitur ini memudahkan dalam memberikan dan mengatur nilai tugas, serta meningkatkan efisiensi waktu. Sedangkan di sisi siswa, fitur ini memungkinkan mereka untuk memantau perkembangan belajar secara langsung dan dapat menerima umpan balik dari guru dengan mudah.

Untuk kamu yang belum pernah mencoba menggunakan Google Classroom, yuk, segera coba dan manfaatkan fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan proses pembelajaran onlinemu. Jangan lupa untuk selalu terhubung dengan guru dan rekan-rekan sekelas agar bisa saling berbagi pengalaman dan memperkaya pengetahuan. Tetap semangat dalam belajar! Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam sukses!

Disclaimer

Artikel ini dibuat dengan tujuan sebagai panduan bagi para pengguna Google Classroom agar dapat dengan mudah melihat nilai tugas di platform ini. Informasi dan langkah-langkah yang disajikan di artikel ini bersifat informatif dan dapat berubah sesuai dengan pembaruan yang dilakukan oleh Google. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi dari artikel ini. Pembaca diharapkan menggunakan informasi ini dengan bijak dan bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar