cara melihat nomor imei iphone

Pengantar

Halo Sobat Koreksi Id! Bagaimana kabarnya? Semoga Sobat semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang cara melihat nomor IMEI iPhone. Bagi kamu yang sering menggunakan produk Apple seperti iPhone, tentunya nomor IMEI merupakan hal yang penting untuk diketahui. Nah, jangan khawatir! Di artikel ini, saya akan memberikan penjelasan lengkap tentang cara melihat nomor IMEI iPhone. Jadi, langsung saja kita simak!

Pendahuluan

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu nomor IMEI. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan identitas unik yang dimiliki oleh setiap perangkat mobile, termasuk iPhone. Nomor IMEI ini berperan sebagai identifikasi perangkat yang berguna dalam berbagai hal seperti pengecekan keaslian perangkat, membuka blokir aktivasi, atau melacak perangkat saat hilang atau dicuri.

Melihat nomor IMEI pada iPhone bukanlah hal yang sulit dilakukan. Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melihat nomor IMEI iPhone tanpa harus menginstal aplikasi tambahan atau mengunjungi tempat service resmi. Mari kita bahas satu per satu!

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melihat nomor IMEI pada iPhone:

1. Melalui Pengaturan iPhone

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui pengaturan iPhone. Caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih menu Umum.
  3. Ketuk menu Informasi.
  4. Scroll ke bawah dan cari Nomor IMEI di daftar yang muncul.

2. Menampilkan Nomor IMEI di Layar

Selain melihat nomor IMEI melalui pengaturan, kamu juga dapat menampilkan nomor IMEI secara langsung di layar iPhone dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi Telepon.
  2. Ketuk *#06#, maka nomor IMEI akan langsung muncul di layar iPhone.

3. Cek Nomor IMEI di Pengaturan iCloud

Bagi kamu yang terhubung dengan akun iCloud, nomor IMEI iPhone juga dapat ditemukan melalui pengaturan iCloud. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih menu Apple ID (nama kamu).
  3. Scroll ke bawah dan cari menu Perangkat.
  4. Pilih perangkat iPhone yang ingin dicek nomor IMEI-nya.
  5. Pada halaman Informasi Perangkat, kamu akan menemukan Nomor IMEI.

4. Melihat Kemasan iPhone

Bagi kamu yang masih menyimpan kemasan original iPhone, nomor IMEI juga tertera di kemasan tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Ambil kemasan iPhone.
  2. Cari label yang bertuliskan “IMEI” atau “Serial Number”.
  3. Pada label tersebut, nomor IMEI akan tertera dengan jelas.

5. Menggunakan iTunes

Selain melalui pengaturan dan kemasan, nomor IMEI juga dapat ditampilkan melalui iTunes. Agar dapat melihat nomor IMEI melalui iTunes, kamu perlu menghubungkan iPhone ke komputer terlebih dahulu dan membuka aplikasi iTunes. Setelah itu, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pilih iPhone yang tersambung pada iTunes.
  2. Pada tab Ringkasan, cari Nomor IMEI.

6. Cek di Bagian Belakang iPhone

Pada beberapa model iPhone, nomor IMEI juga terdapat di bagian belakang perangkat. Caranya cukup dengan membalikkan iPhone dan melihat nomor IMEI yang tertera di bagian belakang casing.

7. Melalui SIM Tray

Di beberapa model iPhone, nomor IMEI tertera di slot SIM Tray. Kamu bisa membuka SIM Tray untuk melihat nomor IMEI yang tercetak pada bagian dalam slot tersebut.

8. Menggunakan Perintah Terminal pada Mac

Jika kamu menggunakan komputer Mac, kamu juga dapat melihat nomor IMEI melalui Terminal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Spotlight pada Mac.
  2. Ketik “Terminal”.
  3. Pada Terminal, ketik “ioreg -l | grep IOPlatformSerialNumber”.
  4. Nomor IMEI akan muncul di Terminal.

9. Menggunakan Perintah Command Prompt pada Windows

Bagi pengguna komputer Windows, kamu bisa menggunakan Command Prompt untuk melihat nomor IMEI pada iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt.
  2. Ketik “wmic bios get serialnumber”.
  3. Nomor IMEI akan muncul di Command Prompt.

Kelebihan Melihat Nomor IMEI iPhone

Melihat nomor IMEI pada iPhone memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Mempertegas Keaslian Perangkat

Dengan mengecek nomor IMEI pada iPhone, kamu dapat memastikan keaslian perangkat yang kamu miliki. Nomor IMEI akan membantu kamu memverifikasi apakah perangkat tersebut benar-benar produk Apple yang asli atau bukan.

2. Membuka Blokir Aktivasi

Jika iPhone kamu mengalami masalah blokir aktivasi, seperti lupa kata sandi iCloud atau pemilik sebelumnya tidak melepaskan akun iCloud, nomor IMEI dapat membantu membuka blokir aktivasi tersebut. Dalam prosesnya, nomor IMEI akan digunakan untuk memverifikasi kepemilikan perangkat.

3. Melacak Perangkat Hilang atau Dicuri

Nomor IMEI juga sangat penting dalam melacak perangkat iPhone yang hilang atau dicuri. Dengan melaporkan nomor IMEI kepada penyedia layanan atau pihak berwenang, mereka dapat membantu melacak perangkat dan meningkatkan peluang pemulihan perangkat yang hilang atau dicuri.

4. Mengklaim Garansi

Untuk mengklaim garansi pada perangkat iPhone, biasanya nomor IMEI akan diminta sebagai salah satu verifikasi kepemilikan. Dengan mengetahui nomor IMEI perangkat, kamu dapat mengklaim garansi dengan lebih mudah.

5. Membantu dalam Pembaruan atau Perbaikan

Saat menghadapi masalah dengan perangkat iPhone, nomor IMEI sering kali diminta oleh teknisi saat proses perbaikan. Dengan mengetahui nomor IMEI, kamu dapat mempermudah proses pembaruan atau perbaikan pada perangkat iPhone.

6. Memastikan Kompatibilitas

Bagi kamu yang ingin menggunakan iPhone dengan operator seluler tertentu, nomor IMEI juga dapat digunakan untuk memastikan kompatibilitas jaringan. Kamu dapat memeriksa nomor IMEI perangkat iPhone dengan operator seluler yang kamu inginkan untuk memastikan apakah perangkat tersebut dapat digunakan dengan jaringan mereka atau tidak.

Tabel Informasi tentang Cara Melihat Nomor IMEI iPhone

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap tentang cara melihat nomor IMEI iPhone. Dari beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Nomor IMEI pada iPhone memiliki peran penting dalam berbagai hal, seperti memastikan keaslian perangkat, membuka blokir aktivasi, melacak perangkat yang hilang atau dicuri, mengklaim garansi, membantu dalam pembaruan atau perbaikan, dan memastikan kompatibilitas dengan operator seluler yang diinginkan.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mencatat atau mengingat nomor IMEI pada iPhone kamu. Terima kasih Sobat Koreksi Id atas perhatiannya, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan merupakan saran atau rekomendasi untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum atau melanggar kebijakan pihak Apple.

No. Cara Keterangan
1 Melalui Pengaturan iPhone Masuk ke menu Pengaturan, pilih menu Umum, lalu cari Nomor IMEI di menu Informasi
2 Menampilkan Nomor IMEI di Layar Buka aplikasi Telepon, ketik *#06#
3 Cek Nomor IMEI di Pengaturan iCloud Buka menu Pengaturan, pilih menu Apple ID, cari menu Perangkat, pilih perangkat iPhone dan temukan Nomor IMEI
4 Melihat Kemasan iPhone Cari label IMEI atau Serial Number pada kemasan iPhone
5 Menggunakan iTunes Pilih iPhone pada iTunes, temukan Nomor IMEI di tab Ringkasan
6 Cek di Bagian Belakang iPhone
7 Melalui SIM Tray Buka SIM Tray dan temukan Nomor IMEI pada bagian dalam slot
8 Menggunakan Perintah Terminal pada Mac Melalui Terminal, ketik “ioreg -l | grep IOPlatformSerialNumber”
9 Menggunakan Perintah Command Prompt pada Windows Melalui Command Prompt, ketik “wmic bios get serialnumber”

Tinggalkan komentar