cara melihat orang yang stalking ig tanpa aplikasi

Sobat KOREKSI ID, Apakah Kamu Pernah Dicurigai Ada Orang yang Stalking Instagram Kamu?

Halo Sobat KOREKSI ID! Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami rasa penasaran ketika melihat seseorang yang terus-terusan mengintip profil Instagram kamu. Jangan khawatir, di artikel kali ini, kami akan membahas cara-cara untuk melihat orang yang stalking IG kamu tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Mengecek Insight di Instagram Business Account

Instagram Business Account memiliki fitur Insight yang memberikan analisis lengkap mengenai interaksi pengguna dengan akun kamu. Kamu dapat melihat statistik seperti jumlah kunjungan profil, interaksi dengan postingan, dan informasi tentang followers kamu. Dengan informasi ini, kamu dapat melihat apakah ada aktivitas mencurigakan dari followers kamu.

2. Memanfaatkan Fitur Story

Sobat KOREKSI ID, pernahkah kamu melihat ada akun yang muncul di bagian viewer saat kamu membuat story, namun kamu tidak mengenalnya? Kemungkinan besar itu adalah orang yang mencoba mengintip profil kamu. Jadi, jangan ragu untuk melihat daftar viewer story kamu secara lengkap dan perhatikan akun-akun yang mencurigakan.

3. Menganalisis Aktifitas di Direct Message

Direct Message atau DM adalah tempat komunikasi pribadi di Instagram. Lewat DM, seseorang dapat mengirim pesan atau gambar tanpa orang lain mengetahuinya. Jika ada orang yang sangat sering mengirim pesan ke kamu tanpa alasan yang jelas atau tanpa kamu kenal, kemungkinan besar dia adalah orang yang sedang memantau aktivitasmu di Instagram.

4. Memeriksa Aktifitas pada Post Terlama

Aktifitas pada post terlama bisa memberikan petunjuk apakah ada seseorang yang sering mengintip profilmu. Biasanya orang yang bersangkutan tidak sadar bahwa dia meninggalkan jejak pada post lama kamu. Jadi, coba periksa siapa saja yang memberikan interaksi pada post-post terlama kamu.

5. Mengamati Akun dengan Follower Banyak namun Following Sedikit

Akun yang memiliki banyak followers namun following yang sedikit tentu menarik perhatian. Ada kemungkinan bahwa orang tersebut menjadikan kamu sebagai target stalking. Jadi, jangan ragu untuk memeriksa siapa saja yang memiliki karakteristik ini.

6. Menganalisis Perubahan Aktifitas

Sobat KOREKSI ID, pernahkah kamu merasa bahwa ada orang yang terlalu sering muncul di notifikasi Instagram kamu? Jika ada perubahan drastis dari aktivitas akun tersebut, seperti tiba-tiba lebih aktif memberikan like atau komentar di postingan kamu, kamu perlu mewaspadai kemungkinan ada seseorang yang melakukan stalking pada akun kamu.

7. Menjaga Informasi Pribadi

Mungkin ini bukan cara melihat secara langsung orang yang stalking IG kamu, namun menjaga informasi pribadi sangat penting dalam menghindari orang yang mencoba memantau aktivitasmu. Jangan pernah memberikan informasi yang terlalu pribadi seperti alamat rumah atau nomor telepon di akun Instagram kamu.

8. Mengganti Password Secara Berkala

Sobat KOREKSI ID, agar akun Instagram kamu tetap aman dari orang yang berusaha mengintip, jangan lupa untuk mengganti password secara berkala. Gunakan kata sandi yang kuat dan hindari menggunakan kombinasi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama lengkap.

9. Memblokir Akun yang Mencurigakan

Jika kamu merasa ada akun yang benar-benar mencurigakan dan mengganggu privasi kamu, jangan ragu untuk memblokirnya. Dengan memblokir, orang tersebut tidak akan bisa mengakses profil dan aktivitas kamu di Instagram.

No Cara Kelebihan Kekurangan Detail
1 Mengecek Insight di Instagram Business Account Dapat melihat statistik lengkap penggunaan profil Hanya dapat digunakan jika memiliki akun bisnis Membuka akun bisnis Instagram dan mengecek fitur Insight
2 Memanfaatkan Fitur Story Mudah melihat daftar viewer story Tidak memberikan informasi detail tentang aktivitas pengguna di profil Buka story kamu dan perhatikan daftar viewer secara lengkap
3 Menganalisis Aktivitas di Direct Message Dapat melihat frekuensi pesan dan pengirim yang mencurigakan Tidak memberikan akses langsung pada profil pengirim Buka DM dan analisis pesan yang mencurigakan
4 Memeriksa Aktivitas pada Post Terlama Dapat menemukan jejak dari pengunjung yang mencurigakan Cukup memakan waktu untuk melihat semua post lama Buka post terlama dan periksa aktivitas pada setiap post
5 Mengamati Akun dengan Follower Banyak namun Following Sedikit Mudah melihat akun dengan follower mencurigakan Kesimpulan tidak pasti bahwa akun tersebut melakukan stalking Perhatikan akun yang memiliki karakteristik follower banyak dan following sedikit
6 Menganalisis Perubahan Aktivitas Dapat mengamati perubahan aktivitas pengguna Membutuhkan pengamatan yang cermat dan memakan waktu Lihat perubahan aktivitas akun tertentu secara seksama

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Sobat KOREKSI ID dapat mengetahui cara-cara melihat orang yang stalking IG kamu tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Mulai dari memeriksa Insight di Instagram Business Account, memanfaatkan fitur Story, hingga menganalisis aktivitas di Direct Message, semua dapat membantu kamu mengenali tanda-tanda orang yang mencoba mengintip profil kamu. Selain itu, menjaga informasi pribadi dan mengganti password secara berkala juga merupakan langkah penting dalam menjaga privasi. Jangan ragu untuk memblokir akun yang benar-benar mencurigakan agar kamu merasa aman dan nyaman saat menggunakan Instagram.

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi dan bukan disarankan untuk melakukan tindakan ilegal atau mengganggu privasi orang lain. Penggunaan informasi dalam artikel ini harus sesuai dengan aturan dan etika yang berlaku.

Tinggalkan komentar