Terenyuh Lihat Kondisi Palu di TV, Ratu Elizabeth Sumbang Uang Pribadinya Rp158 Milliar

0
265

KOREKSI.id – Ratu Elizabeth terpaku di depan pesawat televisi. Di Istana Buckingham, dia menyaksikan tayangan gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Palu, Sulawesi Tengah. Sudah 1.649 orang tewas.

Ratu lalu memanggil staf pribadinya. Dia memerintahkan agar memberikan sumbangan kepada Komite Darurat Bencana (DEC), untuk membantu mereka yang selamat. Sejauh ini, lebih dari £8 juta atau Rp158 miliar, telah digelontorkan ibu Pangeran Charles itu, untuk membantu orang-orang yang selamat, yang berusaha menyatukan hidup mereka kembali.

Dilansir dari Metro.co.uk, ini bukan kali pertama Ratu Elizabeth merogoh kantong pribadinya, untuk membantu mereka yang menderita dalam bencana internasional.

Pada tahun 2004, ia menyumbangkan dana dalam jumlah besar, kepada para korban tsunami Hari Tinju di Samudra Hindia, yang merenggut nyawa hampir 250.000 orang.

Dan pada 2013, dia membuat sumbangan pribadi untuk korban Topan Haiyan di Filipina. Baru-baru ini, pada tahun 2017 dia memberikan donasi besar lagi kepada mereka yang menderita kelaparan di Afrika Timur.

Sementara itu, gempa di Palu sejauh ini sudah menewaskan lebih dari 1.649 orang. Tubuh yang membusuk menciptakan ketakutan, bahwa penyakit seperti tifus dan kolera dapat mencemari para pekerja penyelamat.

Pasalnya, lebih dari 1000 jasad belum ditemukan. Para pejabat mengatakan, daerah yang paling parah akan tetap tidak tersentuh, dan sebaliknya akan menjadi kuburan massal, dan penyelamat sedang divaksinasi dalam upaya untuk menghindari wabah.

Pihak Basarnas mengatakan, sebagian besar mayat yang ditemukan tidak utuh, dan itu menimbulkan bahaya bagi penyelamat.

“Kami harus sangat berhati-hati untuk menghindari kontaminasi,” ujar juru bicara tim penyelamat.

Badan bencana Indonesia mengatakan, 1.649 orang telah tewas dan setidaknya 265 orang hilang setelah gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor pada 28 September.

Bencana itu menyebabkan gelombang 20 kaki menabrak pantai, menghancurkan ribuan rumah dan menyebabkan kehancuran di sekitar ibu kota provinsi Palu, membuat Donggala dan kota-kota pesisir lainnya menjadi reruntuhan dan tanpa listrik.#rky/k2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here