cara melihat versi php

Salam, Sobat KOREKSI ID!

Apakah kamu pernah mendengar tentang PHP? Ya, PHP atau Hypertext Preprocessor adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling umum digunakan untuk pengembangan web. PHP dapat digunakan untuk membuat tampilan dinamis dan interaksi dengan database. Namun, sebelum kamu mulai menggunakan PHP, penting untuk mengetahui versi PHP yang sedang kamu gunakan. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara melihat versi PHP dengan mudah dan cepat. Yuk, simak selengkapnya!

Pendahuluan

Pada bagian ini, kita akan membahas secara detail tentang apa itu PHP dan mengapa mengetahui versi PHP itu penting. Jadi, simak baik-baik ya sobat KOREKSI ID!

1. Apa itu PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan web. Dalam pengembangan web, PHP sering digunakan untuk membuat tampilan dinamis dan interaksi dengan database. Dengan menggunakan PHP, kita bisa membuat website yang responsif dan interaktif.

2. Pentingnya Mengetahui Versi PHP

Mengetahui versi PHP yang sedang kita gunakan merupakan hal yang penting. Mengapa demikian? Karena setiap versi PHP memiliki perbedaan dalam fitur dan kemampuannya. Jika kita tidak mengetahui versi PHP yang kita gunakan, bisa jadi kita tidak dapat menggunakan fitur-fitur terbaru atau mengalami masalah kompatibilitas dengan kode yang kita tulis.

3. Cara Melihat Versi PHP di Command Line

Cara pertama untuk melihat versi PHP adalah melalui command line. Berikut adalah langkah-langkahnya:

No. Langkah-langkah
1 Buka terminal atau command prompt di komputer kamu.
2 Ketikkan perintah php -v di command line.
3 Tekan Enter, maka akan muncul informasi tentang versi PHP yang sedang kamu gunakan.

4. Cara Melihat Versi PHP dari Kode PHP

Selain melalui command line, kita juga bisa melihat versi PHP yang sedang kita gunakan melalui kode PHP. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka editor kode atau IDE yang biasa kamu gunakan.

2. Buatlah file baru dengan ekstensi .php.

3. Ketikkan kode berikut ini:

<?php
phpinfo();
?>

4. Simpan file tersebut dan buka melalui browser. Maka akan muncul informasi lengkap tentang PHP yang sedang kamu gunakan, termasuk versi PHP.

5. Cara Melihat Versi PHP melalui Hosting CPanel

Jika kamu menggunakan hosting dengan CPanel, kamu juga bisa melihat versi PHP melalui CPanel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke CPanel hosting kamu.

2. Cari menu “Select PHP Version” atau “PHP Configuration” atau sejenisnya.

3. Di sana, kamu dapat melihat versi PHP yang sedang aktif.

6. Cara Melihat Versi PHP melalui WordPress

Jika kamu menggunakan WordPress sebagai platform website kamu, kamu bisa melihat versi PHP melalui dashboard admin WordPress. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke dashboard admin WordPress.

2. Pada menu samping, cari menu “Atur” atau “Settings” dan klik.

3. Di sana, kamu dapat melihat informasi tentang versi PHP yang sedang digunakan.

7. Cara Melihat Versi PHP melalui CMS Lainnya

Selain WordPress, terdapat banyak CMS (Content Management System) lain yang bisa digunakan untuk membuat website. Jika kamu menggunakan CMS lain seperti Joomla, Drupal, atau Magento, biasanya terdapat opsi untuk melihat informasi tentang versi PHP yang sedang digunakan pada dashboard admin CMS tersebut.

8. Kelebihan Cara Melihat Versi PHP melalui Command Line

Melihat versi PHP melalui command line memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

a. Cepat dan mudah dilakukan.

Melihat versi PHP melalui command line hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Cukup dengan mengetikan perintah php -v, kita sudah bisa melihat informasi tentang versi PHP yang sedang aktif.

b. Tidak perlu akses ke website atau hosting.

Kita tidak perlu akses ke website atau hosting untuk melihat versi PHP. Hanya dengan membuka command line di komputer kita, kita sudah bisa mengetahui versi PHP yang sedang digunakan.

c. Tidak terbatas pada satu website atau hosting.

Kita bisa melihat versi PHP di berbagai website atau hosting yang berbeda dengan menggunakan command line. Tidak ada batasan dalam melihat versi PHP dengan cara ini.

9. Kekurangan Cara Melihat Versi PHP melalui Command Line

Walaupun melihat versi PHP melalui command line memiliki banyak kelebihan, namun ada juga beberapa kekurangan sebagai berikut:

a. Membutuhkan akses ke komputer atau server.

Untuk melihat versi PHP melalui command line, kita perlu akses ke komputer atau server tempat PHP diinstall. Jika tidak memiliki akses, maka kita tidak bisa melihat versi PHP dengan cara ini.

b. Kurang user-friendly bagi pemula.

Melihat versi PHP melalui command line mungkin terasa sedikit rumit bagi pemula yang belum terbiasa dengan command line interface. Jadi, bagi pemula, cara lain seperti melalui browser atau dashboard admin bisa menjadi alternatif yang lebih mudah dipahami.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara melihat versi PHP dengan mudah dan cepat. Kamu bisa melihat versi PHP melalui command line, kode PHP, CPanel hosting, WordPress, atau CMS lainnya. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui PHP ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dan keamanan yang ditingkatkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam melihat versi PHP. Terima kasih sudah membaca, Sobat KOREKSI ID!

Kata Penutup

Informasi yang terdapat dalam artikel ini disajikan dengan sebaik-baiknya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman penulis. Namun, kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kerugian yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi ini. Panduan ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti untuk mendapatkan bantuan profesional atau konsultasi yang sesuai. Hanya tergantung pada informasi dalam panduan ini sepenuhnya atas risiko Anda sendiri. Silakan konsultasikan dengan ahli terkait untuk saran yang lebih akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *